Jumat, 10 Agustus 2012

Istighosah Menghadapi UAN





TALIWANG, JUMAT 4 MEI 2012
Manusia hidup di dunia ini tidak pernah lepas dari masalah. Manusia haruslah menghadapinya dengan berdo’a kepada Allah SWT dan juga harus tetap berusaha. Karena Do’a tanpa Usaha sama saja Bohong, dan Usaha tanpa Do’a sama saja dengan Sombong.
Oleh karena itu, pada hari Jumat (04/05/2012) siswa – siswi SDN 1 Taliwang khusyuk berdoa bersama di Lapangan sekolah, Doa bersama menghadapi ujian nasional itu dipimpin seorang ustadz yang bernama KH. Zulkifli beserta Guru Agama Bapak Muhammad,S.Pd.I
Beliau diminta khusus untuk memimpin do’a dan memberi siraman rohani untuk para siswa – siswi SDN 1 Taliwang. Ustaz mendoakan dan membekali siswa supaya tenang dan mantap menghadapi ujian nasional (UN).
Dalam ceramahnya beliau memberi saran kepada para siswa – siswi agar dapat dengan mudah menerima pelajaran di sekolah, mudah dalam menghadapi masalah dan mudah dalam menghadapi Ujian Nasional, yang harus di lakukan adalah setiap habis shalat 5 waktu, pejamkan mata lalu lakukan dzikir dalam hati. Sebut Asma Allah dalam hati nurani, Jika di lakukan dengan rutin dan dengan hanya mengharap Ridho Allah SWT, insya’Allah Allah akan membangkitkan kekuatan di dalam hati kita dan akan timbul ketenangan jiwa dalam diri kita. Karena orang yang jiwanya tidak tenang, dan hatinya selalu resah / risau,akibatnya orang tersebut susah dalam berkonsentrasi untuk menerima ilmu yang Allah berikan.
Guru, Orang tua murid, dan tenaga kependidikanpun larut dalam acara ini, ini adalah Istiqosah pertama yang dilakukan dalam tahun 2012 ini.
Kepala SDN 1 Taliwang, Muhammad Saleh S.Pd (57) mengatakan ritual ini dilakukan sebagai pelengkap persiapan siswa selama ini. Di mana dari sisi pemantapan materi pelajaran sudah dilakukan beberapa bulan terakhir, nah Salat Istighosah ini sebagai pelengkap dari sisi moril. “Selain berdoa agar diberi kelancaran dan ketenangan dalam menghadapi ujian,  Istighosah ini juga menjadi motivasi tersendiri kepada para siswa,” ujar Pak Muh.Saleh, .
Selain berikhtiar, berdoa dan semangat menghadapi ujian nasional, lanjutnya, dukungan dari orang tua juga dianggap sangat penting untuk menjaga mental dan kesiapan para siswa menghadapi UN. “Hari ini (Jumat 4 Mei 2012), kami mengundang orang tua siswa untuk memberi renungan agar orang tua murid bisa memotivasi dan mendukung putra-putrinya menghadapi UN,” kata Pak Muh.Saleh

0 komentar:

Posting Komentar