Jumat, 10 Agustus 2012

CIPTAKAN APOTEK HIDUP SEKOLAH






Lahan kosong di lingkungan sekolah SDN 1 Taliwang tepatnya di belakang kelas V.A, mulai ditanami tumbuh-tumbuhan. Sekolah dengan luas 8.000 meter persegi ini bisa dibilang sekolah yang memulai merintis penghijauan. Karena hampir seluruh area lingkungan sekolah tersebut mulai ditumbuhi dengan beraneka ragam tanaman, mulai dari tanaman hias dan tanaman obat-obatan.
Uniknya semua tanaman itu ditanam dan dirawat sendiri oleh seluruh civitas sekolah. “Mulai dari siswa, sekuriti, tata usaha, guru, hingga kepala sekolah memiliki area tanam masing-masing. Maka dari itu kami membuat lahan untuk menanam secara berkavling-kavling,”ujar pencetus dan penggerak penghijauan di SDN 1 TALIWANG, Jawariah A.Ma.Pd.SD
 
Mulai dari daun sirih, pohon patah tulang, kumis kucing, kunyit, jahe, daun miyana, daun jarak pagar, lidah buaya dan sebagainya. Kebun obat ini memang sengaja diadakan gunanya untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat. Tumbuhan obat yang ditanam  berasal dari tumbuh-tumbuhan yang sudah sangat familiar di masyarakat, tetapi tidak jarang masih ada yang belum mengetahui manfaat maupun khasiat yang terkandung dalam tanaman tersebut. “Selain itu, memelihara tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya sehingga terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan tradisional,” ungkap Jawariah.
Ide munculnya penanaman obat ini adalah untuk mendidik setiap warga di SDN 1 TALIWANG bertanggung jawab dengan tanaman kelas dan tanaman obat ini banyak di sumbang oleh ibu Sahoda,S.Pd selaku pecinta tanaman. “Kalau melihat tanamannya rusak karena tidak dirawat pasti akan merasa bersalah. Karena dengan menanam tumbuhan akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi,” papar Jawariah.
Adanya tumbuh-tumbuhan baik itu obat maupun hias dilingkungan sekolah bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan lingkungan sehingga terciptanya langit biru. Karena lingkungan yang lestari adalah lingkungan yang dapat menjadi sumber kehidupan dan penghidupan bagi seluruh makhluk hidup saat ini ataupun nanti.
Karena itulah pihak sekolah sangat gencar mengampanyekan menabung pohon meskipun itu satu. Karena manfaatnya cukup banyak selain menghasilkan oksigen dan mengurangi pencemaran udara, tanaman jenis obat-obatan sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Maka tak salah kiranya jika SDN 1 Taliwang menjadi sekolah percontohan di Kab.Sumbawa Barat

0 komentar:

Posting Komentar