Minggu, 15 April 2012

Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter Bangsa




Taliwang, Maret 2012
Kemampuan mengambangkan perangkat pembelajaran merupakan salah satu indikator dari guru profesional. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan guru profesional mestinya merupakan perangkat pembelajaran berbasis Standar Proses  (SP) yang memfasilitasi peserta didik dalam  mencapai tujuan pembelajaran  baik berupa pengetahuan, keterampilan dan  karakter bangsa (KB) yaitu  nilai-nilai yang khas-baik (tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik, dan berdampak baik terhadap lingkungan) yang terpateri dalam diri dan terwujudkan dalam perilaku, nilai-nilai tersebut secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah raga, serta olah rasa dan karsa peserta didik ( kata Pak H.Sadiq Magrabi,S.Pd selaku pengawas TK-SD Kec.Taliwang)
Adapun yang dimaksud dengan perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, bahan ajar yang berkaitan RPP, media yang berkaitan RPP (Alat peraga benda fisik, LKS dan CD pembelajaran), dan perangkat penilaian. Pekerjaan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis standat proses dan karakter bangsa yang baik bukanlah pekerjaan mudah. Guru perlu mengukuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) pada kegiatan dalam bentuk workshop pengembangan perangkat pembelajaran.
Workshop ini dihadiri oleh semua wali kelas dan dipimpin langsung oleh Bapak Muhammad Saleh,S.Pd. Guru dan tenaga kependidikan sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Pengawas yang menjelaskan tentang bagaimana mengembangkan pembelajaran yang menarik dan mencerdaskan anak didik.

0 komentar:

Posting Komentar