Minggu, 22 April 2012

IMTAQ





Jumat, 13 April 2012
 Pukul 07.00 WITA, siswa-siswi SDN 1 Taliwang  sudah berkumpul di lapangan upacara. Pagi itu, akan diadakan ceramah agama untuk para siswa-siswi SDN 1 Taliwang. Di SDN 1 Taliwang, hari Jumat memang dijadikan hari untuk peningkatan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Pagi itu, yang akan mengisi ceramah adalah Ustadz Iskandar S.Pd.I dan penceramah dari siswi yang diwakili oleh Aisyah Ummi Kharisma kelas V.a.
Tema hari itu adalah "Kewajiban Menjaga Waktu". Chaca sapaan akrabnya  mengatakan bahwa, AL-QURAN menaruh perhatian sangat besar terhadap waktu dan mengungkapkan besarnya nikmat Allah didalamnya.sebagai orang beriman kita memiliki kewajiban pertama terhadap waktu,yakni menjaganya sebagaimana kita menjaga harta benda kita.sesungguhnya waktu ibarat pedang yang memiliki dua mata yang siap memakan apa saja,keduanya bergantung bagaimana manusia memanfaatkannya dengan baik .bisa menguntungkan dan bisa pula merugikan manusia.ada dua pepatah yang berbeda,dari barat dan timur.keduanya menjadi semangat bagi akan pentingnya memanfaatkan waktu.
Orang barat mengatakan TIME IS MONEY, yang artinya waktu adalah uang. Bagi mereka waktu dihargakan dengan uang karena setiap detiknya dimanfaatkan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Sedangkan orang timur mengatakan AL WAKTU KASSYAIF, yang artinya waktu adalah pedang, yang bila disia-siakan akan berbahaya bagi manusia. Bagi kita kedua pepatah ini sama-sama benar,apabila waktu dimanfaatkan dengan baik akan menguntungkan manusia, dan apabila waktu disia-siakan akan menikam manusia. karenanya manfaatkanlah masa muda ini untuk belajar sebaik-baiknya,karena akan datang dimana masa belajar itu menjadi sulit, Belajar Diwaktu Kecil Bagai Mengukir Diatas Batu, Dan Belajar Sesudah Dewasa Bagai Mengukir Di Atas Air. Demikianlah Caca menyampaikan uraian isi ceramahnya didepan teman-teman sebayanya dengan lantang.
Ceramah pagi itu ditutup dengan doa bersama yang disampaikan oleh Fahmy kelas VI.C dengan penuh ke khusyuan diamini oleh teman-temannya. Dengan diakhiri dengan pembacaan Do’a berakhir pula acara untuk hari ini. Sampai ketemu dengan IMTAQ minggu depan.


2 komentar:

  1. Wah wah slaut buat pak guru satu ini... sukses teru bang..

    Note :
    Blogger sumbawa wajib ikut kontes ini Jelajah SUmbawa dan menangkan hadiahnya :)

    Mampir juga ke Catatan si aJie

    Thanks

    BalasHapus
  2. bang ajie:selamat berkarya juga bang,maaf baru balas coz banyak kerjaan ne........

    BalasHapus