Selasa, 05 Februari 2013

Kegiatan renang


Taliwang, Oktober 2012
hari sabtu merupakan jadwal yang dipergunakan untuk kelas IV,V dan VI  renang.
 Di damping oleh Pak Khaeruddin,S.Pd atau akrab di panggil “pak Eng” siswa sangat antusias mengikuti materi renang ini. Materi seperti pengenalan kolam, materi tersebut bertujuan sebagai  mereka mengetahui/memahami bagaimana keadaan kolam renang tersebut dan mereka tidak takut terhadap kolam renang tersebut.
Dalam proses pengenalan kolam guru menyuruh anak didiknya untuk mengelilingi kolam renang (bibir kolam) tersebut beberapa kali., setelah itu mereka diintruksi untuk menendang-nendang air dengan salah satu kakinya sambil masih berjalan mengelilingi kolam tersebut, setelah menendang air dengan satu kaki, mereka diintruksikan lagi memegang air dengan tangan sambil jalan kembali.
Setelah kedua kegiatan tersebut dilakukan kemudian anak didik disuruh masuk ke dalam kolam satu-satu dan berjalan dipinggir mengelilingi kolam juga. Agar mereka mengetahui bagaimana keadaan kolam tersebut.
Dalam pengenalan air ada 2 hal yaitu pengenalan air secara disengaja atau tidak disengaja, maksudnya adalah guru memberikan suatu permainan yang menyenangkan dengan tujuan mengenalkan air terhadap anak didiknya. Misalnya memberikan permainan menjaring ikan, yaitu sebuah permainan di dalam kolam dua atau tiga orang berpegangan tangan yang lainya menjadi ikan, dan yang menjadi jala berusaha menangkap ikannya.
 Sebelum masuk kedalam kolam renang, anak didik melakukan pemanasan dengan berlari kecil mengelilingi pinggir kolam, setelah itu anak didik melakukan pemanasan dan perenggangang otot yang di lakukan bersama guru olahraga Pak Mahmudin, S.Pd.

0 komentar:

Posting Komentar