Rabu, 10 Oktober 2012

SOSIALISASI 3R DI KSB







Taliwang, 7 September 2012
Sampah merupakan material sisa yang tidak diharapkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi manusia. Bila sampah dibuang secara sembarang atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah rumah tangga yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan tikus dan serangga (lalat, kecoa, lipas, kutu, dan lain-lain) yang membawa kuman penyakit. Sampah yang dibuang di jalan dapat menghambat saluran air yang akhirnya membuat air terkurung dan tidak bergerak, menjadi tempat berkubang bagi nyamuk penyebab malaria. Sampah yang menyumbat saluran air atau got dapat menyebabkan banjir. Ketika banjir, air dalam got yang tadinya dibuang keluar oleh setiap rumah akan kembali masuk kedalam rumah sehingga semua kuman, kotoran dan bibit penyakit masuk lagi kedalam rumah.  
Oleh karena itu dalam rangka mengedepankan peran dan partisipasi aktif masyarakat sebagai mitra dalam pengelolaan sampah melalui peningkatan pemahaman tentang pengelolaan sampah sejak dini Satker Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman KSB melaksanakan Sosialisasi Lomba 3R antar SD se KSB. "Tujuan dari Sosialisasi ini adalah untuk mendorong terciptanya budaya bersih bagi masyarakat usia dini dengan mengelola sampah secara baik dan benar," demikian diungkapkan oleh Kabid Dikdas Dikpora Baidowi,S.Pd.M.M pada Sosialisasi 3R yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora). Sosialisasi tersebut merupakan Sosialisasi pertama yang dilakukan oleh Dinas  dan dihadiri oleh  3 Sekolah Dasar terpilih di KSB seperti SDN 1 Taliwang yang didampingi oleh Ibu Holidah,S.Pd,SD Maisun,S.Pd.SD dan TAUFIK S.Pd, SDN Telaga, dan SDN Lalar.
Dalam sambutannya  menegaskan bahwa dengan Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan kesadaran kepada para guru Sekolah Dasar agar secara sistematis dan terstruktur menerapkan budaya bersih dan sehat kepada anak didiknya di lingkungan sekolah masing-masing dengan ikut mengelola sampah secara baik dan benar. Pelaksanaan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh staf dari Dikpora KSB, Dinas Kesehatan KSB, Staf  Satker PPLP KSB dan PU
Pada acara tersebut anak anak Sekolah dasar KSB diajarkan pengelolaan sampah 3R yang benar sekaligus melakukan praktek pemilahan sampah yaitu membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan sesuai dengan jenis sampahnya. Untuk sampah dari sisa makanan dan daun daunan, dibuang pada tempat sampah berwarna hijau, untuk sampah botol dan kaleng dibuang pada tempat sampah berwarna kuning, untuk sampah kertas dibuang pada tempat sampah berwarna biru, sedang untuk sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) dibuang pada tempat sampah berwarna merah. Pada saat praktek pemilahan sampah, anak-anak terlihat sangat antusias, dengan saling berebut untuk bisa membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.
                 
Dan untuk menyemarakkan suasana diberikan hadiah door price bagi anak yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan seputar pengelolaan sampah 3R tersebut. Acara Sosialisasi evaluasi pelaksanaan 3R sampah di Dikpora, KSB ditutup dengan secara bersama-sama menyanyikan lagu .

0 komentar:

Posting Komentar